Kamis, 14 Agustus 2008

Perpanjang Passport

Kamis, 14 Agustus, gue ke imigrasi di kemayoran untuk photo dan wawancara dalam rangka perpanjangan pasport yang akan berakhir bulan Desember 2008.

Jam 8.10 berangkat bareng iie Mira, 10 menit nyampe di Imigrasi, wao.. udah bejibun orang, iie langsung ke loket untuk minta berkas2, lalu antri lagi untuk minta no. buat bayaran di kasir, dapat no. 4072 dan4073, antri lagi di kasir, baru nunggu panggilan untuk di photo.

Jam 9.00 belon ada tanda2 pemanggilan photo, trus yang ngeselin adalah banyak travel2 agent yang nyelonong masuk dan orang2 bawaan si agent itu, langsung di photo. Hampir jam 10 baru ada calling2, mat kodak ada 2 orang, yah.. sabar deh.. begini neeh kalo ngak pake travel, ngurus sendiri, jadi kudu panjaaaang sabar nunggu.

Jam 11.00 baru gue dipanggil, duduk dengan layar biru dibelakang, mat kodak bilang, tunggu bentar ya bu... komputernya panas, nunggu 2 menit, baru jebrett... eh.. diulang bu.. karena kelihatan gigi, rupanya ngak boleh kelihatan gigi, gue jadi mikir iseng, gimana kalo orang yang ginong ya... :)) trus ambil sidik jari, canggih lho... 5 taon yang lalu semua jari belepotan tinta hitam, kali ini ngak lagi, cuman menaruh jari satu persatu, dapet seluruh sidik jari.

Nunggu lagi buat panggilan wawancara, semoga dipanggil sebelon jam 12, karena ada break buat makan siang, duh.. lama lagi deh... untunglah.. jam 11.30 dipanggil, cuma ditanya nama & tanggal lahir bokap almarhum, bahkan surat2 asli juga yang dilihat tuh.

Selesailah... tinggal ambil pasport yang katanya jadi tanggal 21 - 22, tapi bisa diambilin ama nyokap, ngak kudu cuti lagi.

Bikin ato perpanjang passport sekarang ngak susah, udah on line, bisa dilakukan oleh siapa aja, ngak kudu pake calo ato travel agent, hanya kudu nyediain waktu dan kesabaran. Biayanya juga jauhh lebih murah, lewat travel Rp 400,000 - 500.000 urus sendiri total kerusakan Rp 277.500, untuk formulir 7.500 dan biaya pasportnya 270.000. Hindarilah calo, uruslah sendiri pembuatan atau perpanjangan pasport anda...