Rabu, 20 Agustus 2008

Sop Buntut Ibu Samino

18 Agustus, libur...
Sandra ngundang kerumahnya, rencananya seluruh keluarga besar mo kumpul2 dengan menu makan siang ikan bakar Tarjo.

Jam 10.30 genk gunung sari udah nyampe di rumah Sandra, gue langsung berhitung mo beli berapa banyak ikan, cumi, udang dll. lalu gue dan Sandra berangkat ke Tarjo di jalan Tentara Pelajar Patal Senayan, ternyataaaaaaa Tarjo ikutan libur... mateee deh... harus cari alternatif lain, cari makanan apa ya buat ngempanin orang sebalyon yang udah menunggu dengan kondisi lapar .. buntu deh otak, karena yang ada dalam bayangan hanya ikan bakar, cumi bakar dan udang saos padang.

Sandra yang mengenal daerah itu bilang, kita beli ayam bakar Ganthari aja di Gandaria. OK lah... kita meluncur, eh... eh... ngak jauh dari Tarjo gue melihat ada tulisan Sop Buntut Ibu Samino, gue suruh Sandra berhenti, dan gue pesen 2 porsi sop buntut, sambil nunggu pesanan, gue tanya mas, ini sop buntut yang ibunya suka nanya ; apa lagee... apa lagee kalo kita menyebutkan apa yang kita makan, si mas dengan senyum dikulum mengangguk. Bener gak salah lagi, karena gue meihat didalam ruangan ada photo besar si Ibu Samino, dengan kliping koran yang dipasangi pigura. Harga seporsi Rp 18,000.

Dulu, waktu masih di BNI 46, suka makan yang di Dep. P&K (kalo ngak salah), dideket TVRI. Makannya bareng Caca & Nova. Pernah juga makan dengan Hendra Han, dan pernah terjadi "kecelakaan kecil" waktu makan dengan Anwar, sop buntut tersebut ketinggalan di mobil Anwar, tanpa diketahui oleh pemilik sop maupun pemilik mobil. Anwar sadar ketika tercium bau2 ngak enak di mobilnya, duh... maaap deh... hm...gue lupa sop buntut siapa yang ketinggalan. Dimana ya.. Anwar sekarang???

Di ayam Ganthari, gue sempet kesel... nunggu lamaaaaa banget, waktu gue tanya, si mbak bilang ayamnya masih di panggang, tunggu... tanya lagi, jawaban masih sama. Gue nyamperin ketempat pembakaran, ternyata ayam udah kelar dibakar, tinggal nunggu sambel yang lagi diambil di daerah Cipete, duh... terpaksa sabar menunggu karena ngak mungkin kan makan ayam bakar tanpa sambel??!!!

Ayam Bakar harganya Rp 10,000, ati ampela Rp 5,000, rasanya enak, bumbunya meresap kedalam ayam, matang, sambelnya ditambah dengan jeruk limau lagi, untuk memperkaya rasa jadi tambah mak nyuss...

Sop buntutnya, enak, walaupun kuahnya agak2 asin, jangan2 kuah buatan kemaren. Gpp, yang penting gue menemukan kembali makanan yang dulu pernah jadi favorit dan mengingatkan kembali kenangan lama yang pernah ada. Kapan ya... Ca, Nov, Hen, kita makan bareng lagi sop buntut ibu Samino.

Tidak ada komentar: