Selasa, 18 November 2008

Holy Land Tour - 5 (Naik Gunung Sinai)

26 Oktober
Dingin menyergap begitu turun dari bis, tas diperiksa sebelum memasuki areal gunung Sinai, br..br...br... dingin banget, jalan ditengah malam buta, sekitar 1 km untuk sampai di tempat parkir onta, jalannya lurus dan lumayan untuk pemanasan.

Sampai di parkir onta, kita berbaris untuk mendapatkan onta, gue dapat onta no. 8, digandeng oleh si abang penjaga untuk mendekati onta miliknya, gue berjalan diantara onta2, wadoh.. jauh juga parkirnya, sampai agak diujung tebing. Si abang melihat gue ngak bawa bantal kecil buat tambahin pelana, dia melepaskan jubahnya untuk dijadikan ganjalan, duh.. si abang baik banget sih.

Sebagai gambaran, di punduk si onta dipasang 1 tonggak di depan dan 1 tonggak dibelakang, nah kita duduk di antara tonggak2 itu, gue aja berasa sempit, gak tau deh gimana yang gemuk ato perutnya gendut, oh ya... tonggak di depan berfungsi sebagai pegangan.

Dengan agak2 ngeri gue naik ke punggung onta, baru juga duduk, alamak.... si onta meluruskan kaki belakangnya dan dengan gerakan kilat kaki depannya juga ikut naik, woooww..... gue sampe teriak, takut jatuh..., tanpa memperdulikan teriakan gue, si onta langsung jalan, lumayan cepet, si abang berjalan dibelakang, eh..eh... onta gue nyalip onta didepannya, rupanya bukan cuma mobil yang bisa nyalip, onta juga bisa.

Kalo si onta berjalan agak pelan, si abang, bergumam... ara...ara... (gue ngak tau apa artinya) yang pasti si onta ngerti, lalu mempercepat jalannya.

Dingin semakin menggigit, ber-onta ditengah pagi buta, berjalan dibawah gelap langit yang pekat bertaburan bintang, indah banget, gue berasa kecil dan sendirian, Tuhan Maha Besar, yang ada cuma puji dan nyanyian syukur buat Dia si Pencipta Alam Semesta.

Ada satu yel yang bisa kita ucapkan kalo sudah tidak melihat teman, kita berteriak, gracia... nah yang mendengar harus membalas dengan teriakan, syalom... dari jawaban itu kita bisa tau keberadaan teman tersebut, kalo suaranya sayup2, artinya... yah... jauh...

Onta tuh pinter lho... dia hafal jalan2nya, padahal gelap gulita (gimana ngak hafal, 1 hari si onta bisa 3 kali turun naik), dari hidungnya keluar uap putih, saking dinginnya, dan menurut seorang teman yang sempat memegang badan si onta, ternyata onta tsb keringetan dalam kondisi sedingin itu, kasihan ya...

1,5 jam beronta, pegel juga, mulai berasa ngantuk, oy... ngak boleh ngantuk, ntar jatuh dari onta, bahaya.... jadi untuk menghilangkan rasa ngantuk, gue nyanyi, nyanyian gue makin lama makin kenceng dan gemeteran karena kedinginan, sebodo teing dah... yang denger cuman si abang dan si onta, yang gue yakin dia ngak ngerti apa yang gue nyanyiin, pan gue nyanyinya pake bahasa Indonesia. Cuma mungkin gara2 nyanyian gue yang kenceng, si abang juga ngomong ...ara..ara... makin kenceng, ngak ngegumam kayak tadi.

Akhirnya sampe juga di perhentian, dimana onta sudah tidak bisa naik lagi, gue orang no. 5 yang nyampe, gue udah pengen cepet2 turun, oleh si abang gue ngak boleh turun karena rupanya si onta lagi pipis, jadi gue tungguin si onta menyelesaikan hajatnya dulu. Setelah selesai si Onta menekuk kaki depannya baru kaki belakang, plek... turun deh gue. Sambil nunggu temen2 lain, kita transit disebuah warung, minum teh panas segelas harganya USD1, enak banget...

Setelah kumpul, dari 22 orang yang naik onta, cuma 17 orang yang melanjutkan perjalanan sampai ke puncak gunung. Disepanjang jalan, ada orang2 yang disebut Helper, nah orang ini bisa membantu menggandeng kita selama perjalanan, dengan biaya berkisar USD 10 - USD 30. Dengan rajin mereka menawarkan bantuan, terutama kalau melihat orang yang sudah kepayahan berjalan. Herannya, ngak ada tuh helper yang nawarin diri ke gue, hehheeee..

Jalanan makin mendaki, jalan semakin pelan, napas semakin memburu, wuiiiih... dinginnya ngak nahan, jari tangan dan kaki sampai ngak terasa lagi, dan si Susy temen gue pengen pipis, ada sih WC umum, kudu bayar USD1, ngak ada air, jadi baunya jangan ditanya, males banget kan, harus bayar, bau pula. Si Susy akhirnya nekat pipis dibelakang batu besar, ah.. walaupun sebenernya gue ngak pengen, mending gue ikutan pipis deh, mumpung ada batu gede dan kapan lagi bisa mengencingi gunung Sinai.. wakakak....... (padahal gue pake pampers lho, tapi gue ngak bisa pipis di pampers, maklum waktu gue kecil, ngak pernah dipakein pampers, jadi ngak tau gimana caranya pipis di pampers).

Setelah melewati perjalanan berat dan hampir 1 jam lamanya mendaki, akhirnya puncak Gunung Sinai bisa kita injak, huh... rasa cape, penat, hilang semua.... matahari mulai mengintip, rasanya makin kecil dihadapan alam semesta yang begitu luas dan indah... gue ngak bisa ngegambarin gimana perasaan gua dan gimana indahnya suasana disana. Sambil berlinang airmata kita menyanyian lagu How Great Thou Art... wuih... kalo ngebayangin sampai sekarang gue masih merinding... Really... Tuhan Maha Besar...

Jam 6 pagi kita turun, kali ini ngak pake onta, jadi bener2 jalan kaki, kurang lebih 2,5 jam sampai di parkir bis, gue dan Susy orang pertama yang sampai di bis. Jam 9.30 sampai di hotel untuk makan pagi, mandi dan siap2 untuk berangkat menuju Yerusalem melewati Taba Border.

Cerita memasuki Yerusalem melalui Taba Border.. bersambung....