Minggu, 23 November 2008

Holy Land Tour - 7 (Yerusalem)

27 Oktober
Wake up call 5.30, makan pagi 6.30, jam 7.30 kita sudah di bis. Hari ini mengunjungi Kolam Bethesda, tempat Yesus menyembuhkan orang lumpuh. Bentuknya bukan seperti kolam, lebih terlihat seperti sumur, kita tidak bisa mencapai lokasi kolam hanya bisa melihat dari atas.

Lalu kegereja St. Peter di Galicantu, dimana Petrus menyangkal Yesus 3 kali sebelum ayam berkokok dan melihat penjara Yesus di rumah Kayafas. Sebenarnya Yesus akan diadili disana, cuma karena hari sudah sore, sehingga Yesus di "amankan" di sebuah penjara dibawah tanah di rumah Kayafas. Penjaranya kecil dan menurut cerita, tubuh Yesus diturunkan dari atas untuk masuk ke dalam penjara tsb. Disebagian dinding berbeda warna, diyakini itu bekas darah Yesus.

Kita berfoto group di Bukit Zaitun yang indah dengan back ground kota Yerusalem Tua, lalu mengunjungi Gereja tempat Yesus terangkat naik ke Surga. Perjalanan di lanjutkan ke Gereja Pater Noster dimana ditulis Doa Bapa Kami dalam 200 bahasa termasuk bahasa Indonesia, Batak dan Jawa. Doa Bapa Kami dalam bahasa Indonesia kita gaungkan disana.




Ke Taman Getsemane, tempat Yesus melewatkan malam terakhir-Nya sebelum ditangkap tentara Romawi. Disini ada pohon zaitun yang berusia lebih dari 200 tahun, dan menjadi saksi saat Yesus berdoa, akar pohonnya sudah menjuntai ketanah. Gereja disini suram sekali, mencoba menggambarkan kesedihan dan penderitaan Yesus menjelang penyaliban.

Jam 6.00 sore kita sudah kembali ke Hotel.

Tidak ada komentar: