Minggu, 23 November 2008

Holy Land Tour - 8 (Yerusalem cont.)

28 Oktober

Hari ini ke Via Dolorosa (jalan salib) yang ditempuh Yesud ari Pengadilan Pontius Pilatus sampai ke Bukit Golgota yang berakhir di Gereja Makam Kudus. Ada 14 stasi di sepanjang jalan ini (jalan yang penuh dengan toko souvenir, toko daging dan buat gue suasananya sudah tidak khusyuk lagi, ancur banget deh).

Gereja Makam Kudus merupakan gereja suci yang berdiri di atas bukit Golgota, dimana penyaliban (versi Katolik) berlangsung.

Kita menuju Tembok Barat yang merupakan pusat kepercayaan bangsa Yahudi setelah Bait Allah kedua dihancurkan. kita masuk Terowongan Bait Allah (Western Wall) yang merupakan penggalian menyusuri lembah barat Bait Allah. Terowongannya panjang dan jalannya kecil, cuma ngak pengap karena sudah dipasang AC.



Tembok Ratapan. Tembok ini adalah situs suci kaum Yahudi. Banyak orang Yahudi dengan baju putih, celana dan jas hitam, berkumpul dan berdoa di depan tembok Ratapan ini, mengharapkan kedatangan Mesias yang akan membebaskan mereka. Mereka menyelipkan kertas-kertas bertuliskan permohonan doa mereka di tembok tersebut. Gue sempet berdoa buat si Ibu pemilik toko tas yang menitipkan doa agar kaki dan dia selalu diberikan kesehatan. Oh ya, pria dan wanita juga masuk terpisah.

Melewati Lembah Kidron kita ke Bukit Sion, Ruang Perjamuan Terakhir, tempat dimana Yesus dan murid-muridnya mengadakan perjamuan terakhir. Terkenal dengan nama Last Supper Room. Bersebelahan dengan Ruang Perjamuan Terkahir adalam Makam Raja Daud, yang merupakan situs Yahudi yang sangat disucikan di Israel setelah Tembok Barat/Tembok Ratapan. Makam ini terbuat dari batu, dilapisi kain sulaman emas bertuliskan tulisan Ibrani.
Untuk memasuki Makam ini, pria dan wanita masuk terpisah dan pria harus menggunakan topi.

Perjalanan di lanjutkan ke Garden Tomb, taman milik Yusuf Arimatea. Di bagian dalam taman ada sebuah goa yang memiliki penutup batu bundar, itulah makam Yesus. Selain itu ada sebuah lembah berbatu yang menyerupai tengkorak manusia, maka inilah Bukit Golgota. Ditempat ini kami mengadakan perjamuan kudus.

Masih bermalam di hotel Renaisance - Yerusalem.

Tidak ada komentar: